5 Alasan Timnas Indonesia Kalahkan Vietnam di Leg Pertama Piala AFF 2022

5 Alasan Timnas Indonesia Kalahkan Vietnam di Leg Pertama Piala AFF 2022

Timnas Indonesia bakal menjamu Timnas Vietnam terhadap leg pertama semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat 6 Januari 2022. Lantaran bermain di kandang, peluang Indonesia untuk menang cukup terbuka.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, cukup optimis jelang duel melawan Vietnam. Pelatih asal Korea Selatan itu memastikan Indonesia tidak bakal bermain bertahan. Dia menjanjikan Indonesia bakal tampil bagus

“Kondisi pemain semua baik, apalagi pertandingan di home. Jadi aku bakal janji kepada masyarakat Indonesia dan para penggemar sepak bola Indonesia untuk tampilan yang terbaik dan keren,” kata Shin Tae-yong kepada salah satu tempat di Indonesia indoterbaru.

Menang menjadi obyek yang ideal bagi Skuad Garuda. Sebab, semifinal leg ke-2 bakal dimainkan di markas Vietnam yakni Stadion My Dinh. Berikut adalah lima alasan Indonesia bakal membungkam The Golden Star di Stadion Gelora Bung Karno.

Jordi Amat Kembali

Timnas Indonesia sudah kebobolan tiga gol di Piala AFF 2022. Satu-satunya nirbobol didapat Indonesia disaat bersua Brunei Darussalam, tim paling lemah di Grup A.

Namun, catatan itu tidak mesti diratapi Indonesia. Lini belakang Indonesia bakal lebih kuat saat bersua Vietnam. Sebab, Jordi Amat sudah ulang dari sanksi akumulasi kartu.

Jordi Amat mempunyai saat istirahat yang cukup dan dalam suasana bugar. Jordi termasuk dipercayai bakal lebih nyetel dengan teman satu timnya. Bek 30 th. mungkin bakal membawa Indonesia mengukir nirbobol ke-2 di Piala AFF 2022.

Performa Marselino Ferdinan

Selain Jordi Amat, Marselino termasuk mampu menjadi pemain kunci bagi Timnas Indonesia terhadap duel lawan Vietnam.

Marselino memang baru berusia 18 tahun. Akan tetapi, dia sudah jadi biasa bermain terhadap level senior. Marselino sudah mencatat gol pertamanya di Piala AFF saat membantu Indonesia menang atas Filipina di fase grup.

September 2022 lalu, Marselino mengukir kemenangan manis atas Vietnam. Bersama Indonesia U-20, Marselino mencetak gol dan capai kemenangan 3-2 atas Vietnam. Hasil itu membawa Indonesia lolos ke Piala Asia U-20 2023.

Performa yang Menjanjikan

Kualitas finishing para pemain Timnas Indonesia memang diragukan terhadap beberapa laga Piala AFF 2022. Namun, secara umum, performa Timnas Indonesia tidak benar-benar buruk.

Perlu diingat, Indonesia tidak dulu kalah terhadap empat laga fase kelompok Piala AFF 2022. Sejak kalah dari Thailand di final Piala AFF 2020, Indonesia cuma sekali kalah yakni lawan Yordania.

Lebih jauh lagi, Indonesia tidak dulu kalah terhadap tujuh laga terakhir. Bukan cuma tak dulu kalah, Skuad Garuda termasuk tidak dulu gagal mencetak gol. Jadi, apa yang diragukan dari Timnas Indonesia?

Waktunya Shin Tae-yong Ukir Kemenangan

Sebagai pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong belum dulu menang lawan Vietnam. Catatan itu terjadi terhadap level senior maupun kelompok usia.

Kini, waktunya bagi Shin Tae-yong untuk mampu mematahkan catatan minor tersebut. Pelatih 52 th. mempunyai modal yang bagus. Dia sudah membangun Timnas Indonesia kurang lebih selama dua tahun.

Shin Tae-yong lebih yakin diri daripada edisi sebelumnya. Sejak awal, targetnya adalah membawa Indonesia juara Piala AFF 2022. Juara? Kalahkan dulu Vietnam!

Magis Gelora Bung Karno dan Suporter

Tentu saja, faktor suporter. Indonesia bakal mendapat dukungan penuh dari fans. Keberadaan pemain ke-12 bakal menjadi faktor mutlak bagi Skuad Garuda untuk mengalahkan Vietnam.

Dukungan untuk Pratama Arhan dan kolega dipastikan bakal benar-benar besar. Stadion Gelora Bung Karno bakal menyajikan nuansa ‘magis’ dengan warna merah dan putih yang mendominasi tribune.

Sementara, bagi Vietnam, suasana itu mampu menjadi tekanan mental. Doan Van Hau hampir pasti bakal beroleh ‘booo’ disaat memegang bola. Dia sudah menoreh luka ke hati penggemar Indonesia dengan mencederai Evan Dimas di final SEA Games 2019.