Dalam budaya masyarakat Indonesia, ketika seorang pelajar hendak

2.Memilih budaya yang terbaik
Dengan mengetahui budaya-budaya dari daerah dan negara lain akan membuat seseorang bisa memilah budaya manakah yang terbaik. Seseorang bisa menentukan apakah budayanya sendiri yang terbaik atau budaya asing dari daerah lain tanpa khawatir mengapa globalisasi dapat mempengaruhi budaya bangsa.

3.Mengajarkan nilai luhur pada manusia
Setiap budaya di setiap daerah atau negara mempunyai tujuan dan manfaatnya. Salah satunya budaya mencium tangan di Indonesia.

Dalam budaya masyarakat Indonesia, ketika seorang pelajar hendak berangkat sekolah umumnya berpamitan kepada kedua orangtua tercinta dan menyalami kedua tangan orangtuanya sambil mencium tangan orangtuanya. Itu merupakan salah satu bentuk budaya khas Indonesia yang mengajarkan rasa hormat dan kesopanan kepada kedua orangtua tercinta.

Contoh Globalisasi Bidang Budaya
Berikut ini beberapa contoh globalisasi bidang budaya, antara lain:

1.Bahasa inggris
Penggunaan bahasa inggris dalam kehidupan sehari-hari dalam tingkat dunia global atau internasional. Itu merupakan contoh globalisasi bidang budaya. Hampir seluruh penduduk slot dana dunia terutama kalangan pelajar SMP, SMA sampai mahasiswa diharuskan bisa berbicara dan menulis menggunakan bahasa inggris yang baik dan benar. Karena bahasa inggris telah diakui secara internasional sebagai bahasa resmi internasional secara formal maupun dalam pergaulan.

2.Kunjungan wisatawan mancanegara
Salah satu bentuk contoh globalisasi bidang budaya adalah kunjungan turis asing ke Indonesia. Tentu saja turis asing tersebut dari berbagai negara. Seperti Amerika Serikat, Australia, Malaysia, Jepang, Inggris, Ukraina, Rusia, negara di Timur Tengah dan negara lainnya di seluruh dunia membawa budayanya masing-masing ke negara Indonesia.

Sedangkan Indonesia mempunyai budayanya tesendiri. Sehingga terjadi pertukaran budaya asing atau pembauran budaya asing dengan budaya asli Indonesia.

Dengan berlangsungnya globalisasi budaya, setiap individu mesti bijak menyikapinya. Karena tak selamanya budaya asing yang dibawa oleh wisatawan asing sesuai dengan kepribadian dan budaya di Indonesia. Cara mengatasinya dengan melakukan seleksi terhadap budaya asing yang datang. Budaya asing yang positif, tak bertentangan dengan norma sosial dan agama serta norma hukum dapat diterima secara baik.

Sebaliknya budaya asing yang bertolakbelakang dengan norma agama dan kepribadian bangsa Indonesia bisa ditolak secara mentah-mentah.

Mengapa Globalisasi Dapat Mempengaruhi Budaya Bangsa
Berikut ini beberapa alasan mengapa globalisasi dapat mempengaruhi budaya bangsa, antara lain :

1.Terjadinya pertukaran budaya bangsa
Globalisasi dapat mempengaruhi budaya bangsa sudah tidak asing lagi. Karena itu merupakan soal pasti. Salah satu sebabnya karena dunia sekarang ini mengalami yang namanya globalisasi. Adapun pengertian dan ciri dari globalisasi itu sendiri terjadinya pertukaran budaya secara global. Pendek kata, globalisasi dapat mempengaruhi budaya bangsa sebab terjadinya pertukaran budaya dalam level global.