Jadi Google Doodle Hari Ini, Ketahui 5 Karya Terbaik Sapardi Djoko Damono

Pada 20 Maret 2023, Google Doodle menampilkan sosok pujangga Tanah Air, yaitu Sapardi Djoko Damono. Ia merupakan salah satu tokoh yang menjadi panutan dalam dunia literasi Indonesia. Sapardi Djoko Damono ditampilkan dalam Google Doodle untuk memperingati hari lahir sastrawan nasional ini. 

Sapardi Djoko Damono lahir pada 20 Maret 1940 di Solo. Semasa hidupnya, ia telah menelurkan banyak karya sastra dan berhasil meraih penghargaan dari dalam maupun luar negeri. Ia tak hanya dikenal melalui puisi-puisinya namun juga menerbitkan sejumlah buku puisi, esai, fiksi. 

Nah, berikut ini lima karya terbaik dari Sapardi Djoko Damono, sosok yang muncul dalam Google Doodle hari ini. 

1. Hujan Bulan Juni

Hujan Bulan Juni menjadi salah satu karya Sapardi Djoko Damono yang paling banyak dicari. Novel trilogi ini menceritakan tentang manis pahitnya kisah Sarwono dan Pingkan.

Bahkan cerita dalam novel ini juga telah diangkat ke layar lebar dengan judul yang sama dan diperankan oleh Adipati Dolken dan Velove Vexia.

2. Yang Fana Adalah Waktu

Yang Fana Adalah Waktu adalah novel trilogi yang bercerita tentang akhir kehidupan dari Sarwono dan Pingkan. Kisahnya yang tak biasa dan dituliskan dengan bahasa yang apik, membuat novel trilogi ini berhasil meraih penghargaan dalam Anugerah Buku ASEAN 2018 di Malaysia sebagai karya sastra dengan mutu terbaik. 

3. Duka-Mu Abadi

Pada 2017 silam, Sapardi Djoko Damono meluncurkan karya sastranya yang berjudul Duka-Mu Abadi. Buku ini berisi berisi 43 puisi Sapardi yang dibuat pada tahun 1967-1968. https://303grilldallas.com/

Selain buku cetak, kamu juga akan mendapatkan cd yang berisikan musikalisasi puisi yang dibawakan oleh Sapardi saat membeli buku ini. 

4. Bilang Begini, Maksudnya Begitu

Sapardi Djoko Damono tak henti-hentinya untuk terus menelurkan karya sastra. Semua karya sastranya begitu populer dan menjadi legenda.

Termasuk buku dengan judul Bilang Begini, Maksudnya Begitu. Buku ini hadir dengan tujuan untuk membuat pembacanya lebih dapat mengapresiasi puisi, dan ajakan untuk lebih mengenal sastra. 

5. Manuskrip Sajak Sapardi

Pada 2017, saat usianya menginjak 77 tahun, Sapardi juga meluncurkan karya sastra dengan judul Manuskrip Sajak Sapardi. Buku ini seolah menjadi harta karun bagi pencinta literasi Indonesia. Pasalnya, dalam buku ini terdapat corat-coret sajak Sapardi semasa muda hingga dewasa. 

Nah, itulah lima karya terbaik Sapardi Djoko Damono, tokoh yang muncul di Google Doodle hari ini. Ada buku favoritmu?