Taman Tamasya Rita Provinsi Sulawesi Selatan

Menjadi salah satu Kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, Takalar merupakan sebuah daerah yang didominasi oleh pesisir pantai. Tidak heran banyak pelancong yang tergiur, untuk merasakan estetika laut pantai di daerah ini. Padahal didominasi oleh laut, tapi kongkritnya Takalar mempunyai berjenis-jenis destinasi unik yang menarik. Lantas saja yuk, kita simak apa saja daerah liburan di Takalar berikut!

1. Taman Tamasya Rita

Perjalanan menuju Taman Tamasya Rita dapat dicapai sekitar 40 menit dari kota Makassar. Anda dapat melalui trek Metro Tanjung Bunga, berikutnya ke arah Jembatan Barombong dan terakhir melewati jalan Poros Galesong. Nuansa liburan pinggir laut dapat lantas Anda rasakan demikian itu tiba di lokasi. Sembari duduk santai di gazebo yang berbentuk seperti perahu nelayan.

Terdapat kurang lebih lima kolam renang di liburan air ini, masing-masing mempunyai ukuran dan kedalaman tertentu. Bagus pengunjung umur dewasa ataupun si kecil-si kecil dapat menikmati segarnya berenang disini. Kolam ini juga dilengkapi seluncuran dengan tinggi 3 meter, 4 meter, dan 5 meter. Fasilitasnya malahan memadai seperti kamar kecil untuk pria dan wanita, sampai daerah beribadah.

Harga Karcis: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Domisili: Jl. Bonto Kanang, Kec. Galesong Selatan, Kab. Takalar, Sulawesi Selatan.

2. Taman Cinta Palleko

Taman Cinta Palleko Takalar merupakan, hasil renovasi yang dikerjakan pemerintah Kabupaten Takalar. Tampilan yang menawan dan manis, menjadi sebuah energi tarik bagi masyarakat. Apalagi sejak foto hasil renovasi terkini disebar pada sosial media, membikin warga Sulawesi Selatan ataupun warga luar berkeinginan langsung mengunjunginya.

Apa yang terkini dari Taman Palleko ini? Pemerintah menambahkan sebauh titik foto yang manis, berbentuk hati di salah satu sisi taman. Sehingga masyarakat bisa berselfie ria dengan latar belakang sebuah bunga yang menyusun hati cukup besar. Ornamen ini memakai warna yang lembut, kian mempercantik panorama di sekitar taman.

Bagaimana, apakah kau juga berkeinginan merasakan estetika dari Taman Cinta Palleko? daerah liburan di Takalar ini, berada di Jalan poros Palleko, Kecamatan Polingbangkeng Utara. Apabila kau dari sentra kota Takalar, karenanya memerlukan sekitar 14 menit untuk menempuh lokasi. Hening, kau tak akan dikenakan tarif masuk alias cuma-cuma!

Domisili: Jl. Hj Manila Dg Pati Palleko, Malewang, Kec. Polombangkeng Utara, Kab. Takalar, Sulawesi Selatan.

3. Telaga Komara

Tamasya alam memang menjadi lokasi yang paling ditonjolkan oleh Takalar, mulai dari pesisir pantai sampai pada sebuah telaga. Telaga Komara memberikan demikian itu banyak estetika dan udara yang asri dan nyaman. Berada di antara pegunungan, membikin Telaga Komara menjadi wilayah yang betul-betul asri dan adem.

Tamasya telaha Komara ini, memang belumg terlalu dikenal banyak orang. Sehingga air dari telaga serta sungai-sungai kecil di sekitarnya masih mengalir dengan bening dan menawan. Terdapat sebagian air terjun kecil yang mengalir di bebatuan, air ini berasal dari pengunungan sehingga tidak heran jikalau mempunyai temperatur yang dingin dan adem.

Apabila kau berkeinginan mengunjungi Telaga Komara, karenanya mesti melaksanakan perjalanan ke Kabupaten Takalar dan mencapai sekitar 20 menit ke desa Komara. Bagi kau yang berkeinginan merasakan estetika air pegunungan yang mengalir diantara bebatuan, hendaknya konsisten menjaga kebersihan serta keasrian dari Telaga Komara.

Domisili: Jl. Desa Ko’mara, Kec. Polombangkeng Utara, Kab. Takalar, Sulawesi Selatan.

4. Pantai Cinta

Pemerintah setempat melaksanakan pengembangan wilayah liburan di Tanggul Tope Jawa. Pembangunan dikerjakan saat masyarakat sekitar menyadari potensi yang dibuat tempat. Kemudian menyusun klasifikasi sadar liburan yang dibina oleh Dinas Pariwisata setempat. Tugas klasifikasi hal yang demikian merupakan menjaga dan melestarikan pariwisata sampai populer seperti ketika ini.

Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang halus, terasa lembut saat menginjakkan kaki di atasnya. Air laut berwarna biru dengan ombak cenderung hening, sehingga suasana tamasya Anda terasa menenangkan. Langit biru ikut menyelimuti lingkungan sekitar, sampai kawasan pantai terkesan syahdu. Waktu senja menjadi peristiwa yang paling ditunggu di liburan alam ini.

Tiap-tiap akhir minggu Pantai Cinta senantiasa ramai pengunjung, bagus dari pelancong lokal ataupun luar kota. Anda dapat berenang di laut tanpa kuatir terseret arus, tapi konsisten mesti waspada ketika air sedang pasang. Di sekitar bibir pantai terdapat gazebo yang berjejer rapi untuk daerah bersantai. Pelancong juga bisa membeli buah tangan dari stan souvenir dan oleh-oleh milik penduduk pesisir.

Domisili: Jl. Topejawa, Kec. Mangara Bombang, Kab. Takalar, Sulawesi Selatan.

5. Taman Sejarah Monumen Lapris Takalar

Kecuali mengunjungi liburan alam, kau juga bisa mengunjungi monumen bersejarah di daerah ini. Monumen yang dinamakan sebagai Monumen Lapris, dibangun untuk mengenang jasa para pahlawan dari Takalar. Arti dari monumen ini malahan, menjadi energi tarik tersendiri bagi para pelancong.

Monumen lapris ini mempunyai lingkungan yang menawan, dengan hamparan lereng pegunungan serta suasana pedesaan yang adem. Monumen Lapris berjarak sekitar 12 km dari kota Takalar, serta 50 km dari kota Makassar. Seandainya kau berkeinginan mengunjungi monumen ini, kau bisa mengunjungi bukit desa Bulukunyi.

Berdasarkan sejarah, monumen Lapris dihasilkan sebagai wujud peninggalan Laskar Pemberontak Rakyat Sulawesi (LAPRIS) pada tahun sekitar 1940. Para pemberontak hal yang demikian dipimpin oleh Ranggong Dg Romo, seorang penggiat pejuang yang membikin organisasi Aksi Muda Bajeng atau GMB.

Domisili: Jl. Bulukunyi, Kec. Polombangkeng Selatan, Kab. Takalar, Sulawesi Selatan.

6. Taman Buru Ko’mara

Dulunya wilayah taman berfungsi sebagai hutan lindung, daerah flora dan fauna berkeliaran bebas. Kemudian mulai tahun 1997 diatur sebagai wilayah konservasi Taman Buru Ko’mara. Ini ini taman juga pelan dibangun berjenis-jenis infrastruktur untuk pengembangan liburan. Sehingga nantinya dapat menjadi alternatif pelancong untuk daerah bertamasya.

Layak dengan namanya, taman ini beroperasi sebagai sarana penyaluran hobi berburu. Bedanya perburuan yang dikerjakan disini bersifat resmi, dengan member yang teregistrasi secara sah. Kalau berkunjung ketika musim kemarau Anda akan mendapati gerombolan rusa yang mencari makan dan minum di padang rumput.

Domisili: Jl. Cakura, Kec. Polombangkeng Selatan, Kab. Takalar, Sulawesi Selatan.

7. Pantai Bintang Galesong

Daerah liburan di Takalar berikutnya merupakan Pantai Bintang Galesong, yang berada di Desa Tamalate Kecamatan Galesong Utara. Pantai ini tampak cukup berbeda dengan pantai lainnya yang ada di Takalar, suasananya yang cukup hening serta panorama yang menawan sanggup memanjakan mata kita.

Dikala ini wilayah Pantai Bintang Galesong cukup diminati para pelancong, apalagi dengan bantuan sosial media kian mengenalkan Pantai Bintang Galesong terhadap segala daerah di Indonesia. Mengamati banyaknya peminat yang datang mengunjungi pantai Galesong, membikin pembangunan fasilitas malahan kian komplit.

Sebagian fasilitas yang sudah disediakan seperti kendaraan beroda empat ATV, taman outbound, motor cross, skuter listrik, sepeda listrik, resort, sampai rumah makan. Untuk fasilitas permainan air, kau dapat merasakan jetski ataupun banana boat yang sudah disediakan. Tentu dengan perlengkapan fasilitas yang ada di Pantai Bintang ini malahan, kian memuaskan tamasya sekeluarga.

Domisili: Jl. Karaeng Salamaka Kassi Lompo, Boddia, Kec. Galesong, Kab. Takalar, Sulawesi Selatan.

8. Pantai Sampulungan

Penduduk setempat mengetahui liburan ini dengan nama Pantai Galesong. Letaknya berdekatan dengan Pantai Losari, namun masih jarang dikunjungi pelancong. Estetika destinasi alam disini akan membikin siapa saja terpikat. Tak cuma zona pantai, liburan ini telah dilengkapi dengan berjenis-jenis wahana bermain. Anda dapat menikmatinya tanpa mengeluarkan budget mahal.

Hamparan pasir putihnya tak demikian itu luas tapi masih dapat dimanfaatkan untuk bermain pasir. Ombak pantai cukup besar jadi Anda perlu berhati-hati, jangan hingga melebihi garis tepi pantai. Di pinggiran pantai terdapat bangku malas yang berjejer rapi, Anda dapat bersantai di bangku ini sambil merasakan keelokan laut biru. Deburan ombak yang hening membikin tamasya kian berkesan.

Anda dapat berenang di zona pantai namun tak dapat hingga menjangakau lebih jauh. Apabila kurang puas ada fasilitas kolam renang yang tidak boleh dilewatkan. Kolam renang ini dikelilingi oleh patung bergaya Eropa, serta gazebo untuk meletakkan barang dan bersantai. Kecuali itu terdapat motor cross, ATV, kereta gantung, zona outbound, sampai penginapan dengan suasana nyaman.

Domisili: Jl. Tamalate, Kec. Galesong Utara, Kab. Takalar, Sulawesi Selatan.

9. Pantai Barugaya Punaga

Familiar dengan lokasi yang didominasi pesisir pantai, tidak heran jikalau Takalar mempunyai lebih banyak liburan pantai. Pantai yang akhir-akhir ini ini sedang naik daun merupakan Pantai Punaga, yang berlokasi di ujung Kabupaten Takalar. Lokasi tepatnya berada di Desa Punaga, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar.

Pantai ini masih termasuk sepi, sehingga kau dapat menikmati bermain di pantai layaknya private beach. Padahal demikian itu terdapat sebagian gazebo di sepanjang pantai, yang dapat kau manfaatkan slot mahjong ways sebagai daerah perisitrahatan yang nyaman. Setibanya di Pantai barugaya Punaga, kau akan disambut dengan sebuah bebatuan karang tinggi yang ada di sisi pantai.

Harga Karcis: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Domisili: Jl. Punaga, Kec. Mangara Bombang, Kab. Takalar, Sulawesi Selatan.

10. Pulau Sanrobengi

Pulau Sanrobengi adalah salah satu destinasi liburan, yang tak dapat kau lewatkan. Berlokasi di desa Boddiya Kecamatan galesong, kau akan memperhatikan sebuah estetika pulau yang terdiri dari perapihan pulau serta estetika laut yang memrentang luas. Untuk menempuh lokasi ini, memerlukan sektiar 15 menit perjalanan memakai perahu dari dermaga Galesong Selatan.

Pulau Sanrobengi menjadi pantai yang cukup digemari oleh pelancong, hal ini sebab estetika pulau Sanrobengi kian meningkat dengan pasir putihnya. Dengan pasir putih yang lembut hal yang demikian, kau bisa berenang ataupun cuma berjalan-jalan santai di pesisir pantai.

Apabila kau mengunjungi daerah ini, hendaknya datang saat pagi hari. Sinar mentari yang kita nikmati pada pagi hari di Pulau Sanrobengi mengandung banyak vitamin D, yang betul-betul ampuh untuk menyusun ataupun membenarkan tulang. Nuansa natural pulau ini betul-betul terjaga, sehingga kau dapat merasakan estetika alam di tiap-tiap tempatnya.