Faktor Lambatnya Server Merespon

Untuk mengatasi website lemot, beberapa solusi yang biasanya disarankan adalah memilih tema yang cepat, mengoptimasi ukuran gambar, atau mengurangi plugin. Sayangnya cara tersebut masih belum bisa mengatasi masalah utamanya. Padahal ada metode ampuh yang bisa Anda coba, yaitu dengan cara mengurangi waktu respons server.

Dengan cara ini, TTFB (Time to First Byte) akan dipersingkat untuk meminimalkan latensi jairingan. Apabila Anda menggunakan PageSpeed Insight untuk cek kecepatan website namun nilainya rendah​​, cobalah beberapa metode yang kami jelaskan di tutorial ini. Kalau begitu langsung saja yuk! Selain membahas apa itu TTFB beserta fungsinya, kami juga akan menunjukkan cara mengukur waktu respons website dan memperbaiki skor TTFB yang rendah. Selamat membaca!

Karena TTFB memengaruhi FCP dan LCP, penting untuk mengurangi waktu respons server agar skor Core Web Vitals website Anda tetap bagus. Secara umum Anda harus menargetkan skor TTFB selama 800 milidetik atau kurang.

Salah satu penyebab umum lambatnya TTFB adalah konten dinamis di website. Sebab, togel singapore kueri PHP dan database butuh lebih banyak waktu untuk memproses file halaman dinamis berukuran besar daripada halaman statis yang bisa langsung mengirimkan konten. Selain itu, hal-hal yang bisa memengaruhi lamanya Time to First Byte adalah:

  • Kode server yang tidak efisien
  • Kueri database lambat
  • Latensi jaringan
  • Traffic website tinggi
  • Waktu respons DNS yang tertunda
  • Kekurangan resource CPU atau memori

Sering kali sebagian besar masalah di atas bisa diatasi dengan beralih ke layanan web hosting yang lebih baik. Kalau paket hosting Anda kurang bagus, kemungkinan server Anda pun tidak terkonfigurasi dengan baik. Hal inilah yang menyebabkan waktu respons server lebih lambat.

Memahami Tentang TTFB

Time to First Byte atau TTFB adalah lamanya waktu yang dibutuhkan sejak server menerima permintaan pertama sampai dikirimnya byte pertama halaman website ke browser pengunjung. Nah, salah satu cara mengurangi waktu respons server adalah dengan mempercepat TTFB ini. Namun, TTFB tidak sama dengan waktu loading website karena keduanya memiliki patokan waktu yang berbeda.

Saat pengunjung mengakses website, TTFB adalah waktu yang dihabiskan untuk terhubung ke server dan mulai merender halaman. Setelah respons pertama dikirimkan ke web browser, konten lalu didownload dan halaman akan dimuat.

Time to First Byte terdiri dari komponen utama berikut ini:

  • Waktu redirect
  • Waktu boot-up server worker
  • Pencarian (lookup) DNS
  • Negosiasi koneksi dan TLS
  • Waktu permintaan hingga byte pertama respons

TTFB yang rendah menunjukkan bahwa website cepat dan responsif. Sebaliknya, TTFB yang tinggi berarti ada penundaan yang cukup lama saat mengirimkan byte pertama ke browser yang mengirimkan permintaan ke server.