Berikut 5 Resep Sambal Kacang Pecel yang Enak dan Dapat Tahan Lama buat Dimakan

Sambal kacang pecel ialah salah satu tipe sambal yang sungguh-sungguh populer di Indonesia. Sambal ini familiar sebab rasa kacang yang kaya dan gurih, serta kepedasan yang membuat lidah terasa terbakar. Sambal kacang pecel ini umumnya diaplikasikan sebagai saus untuk hidangan pecel, yang terdiri dari sayuran rebus seperti kubis, kacang panjang, daun kangkung, dan tauge, yang dikenalkan dengan nasi atau lontong.

Sambal kacang pecel memiliki sejarah yang panjang dalam masakan Indonesia. Sambal ini sudah ada sejak zaman dulu dan sudah diturunkan secara turun temurun. Keunikan https://www.freshnytrees.com/ sambal kacang pecel berlokasi pada proses pembuatannya yang memerlukan waktu dan ketelatenan.

Bahan utama sambal ini ialah kacang tanah yang dihaluskan, kemudian dicampur dengan bumbu seperti cabai, bawang merah, bawang putih, gula, garam, tamarind, dan air jeruk nipis. Seluruh bahan ini dihaluskan dan diaduk hingga konsistensi yang lembut dan “pekat”.

Untuk menikmati sambal kacang pecel yang enak dan bendung lama, ada beberapa resep yang bisa dicoba. Berikut ialah beberapa resep sambal kacang pecel yang enak dan bendung lama, sebagaimana sudah dirangkum Liputan6.com dari beraneka sumber, Rabu (29/5/2024).

Resep Sambal Kacang Pecel
Sambal kacang pecel ialah sambal khas Indonesia yang diaplikasikan sebagai komplementer untuk hidangan pecel. Sambal kacang ini memberikan rasa gurih dan pedas yang bisa meningkatkan selera makan Anda. Untuk membuat sambal kacang pecel, ikuti petunjuk resep sambal kacang pecel berikut ini.

Bahan-Bahan:
250 gram kacang tanah
2 siung bawang putih
1 siung bawang merah
7 buah cabai rawit
5 buah cabai keriting
2 lembar daun jeruk, membuang tulangnya
1 ruas jari kencur
75 gram gula merah sisir
½ sdt garam
2 sdm air asam jawa

Metode Membikin:
Goreng kacang tanah hingga matang. Kacang tanah akan berubah warna jadi lebih kecokelatan ketika digoreng hingga matang.
Goreng bawang putih, bawang merah, cabai rawit dan cabai keriting hingga layu serta matang.
Tumbuk kacang tanah dan bumbu yang digoreng.
Tambahkan kencur, daun jeruk, garam, gula merah dan asam jawa. Tumbuk kembali hingga segala bahan tercampur rata.
Untuk penyajian, kalau bumbu pecel ini terlalu kering, kau bisa menambahkan air hangat agar bumbu pecel lebih encer atau sesuai dengan yang diinginkan.
Kamu bisa memberi tahu bumbu pecel dan menambahnya dengan air sesuai yang diinginkan atau sesuai kebutuhan. Simpan sisa bumbu pecel yang belum diberikan air agar bendung lebih lama dan konsisten enak.